Perang Harga Tablet Terlihat Nyata di AS

Advertisement

51f0b26dae70f12e4e5011fa15837689

Tak bisa dipungkiri, kesuksesan Apple membesut iPad telah mengilhami banyak vendor untuk membesut produk serupa, tentunya dengan kemasan berbeda. Hebatnya, meski banyak vendor perangkat Android yang akhirnya ikut membesut tablet PC dengan kisaran harga yang relatif berada di bawah iPad, kenyataannya tablet besutan Apple itu pun tetap merajai pasar.

Seiring dengan pesatnya pertumbuhan pasar tablet, persaingan di segmen tersebut tak melulu terjadi antara iPad dan tablet Android. Kini, persaingan pun kian terbentuk, bahkan di antara sesama vendor perangkat Android. Jika sudah seperti ini, perang harga pun akhirnya terjadi juga.

Sebagaimana dilansir oleh DigiTimes dilaporkan bahwa perang harga tablet kini telah terlihat nyata di Amerika Serikat.

Dalam laporan itu disebutkan harga tablet Samsung Galaxy Tab 7 inchi kini berkisar 219 USD dari sebelumnya 399 USD di beberapa toko berbeda, seperti Wal-Mart dan Best Buy. Tablet 7 inchi besutan Samsung lainnya, yang menjalankan Android 4.0 Ice Cream Sandwich juga dilaporkan turun harga menjadi 249 USD.

Menurut pernyataan sumber anonim disebutkan dengan tablet 7 dan 10 inchi terbaru segera memasuki pasar, para pembuat tablet dan toko retail pun lantas mencoba untuk menetapkan harga satu dengan lainnya. Hal itu pun diprediksi bakal menciptakan perang harga yang nyata di mana perangkat ultra-mobile akan mendapatkan popularitas massa.

Terlebih, saat ini konsumen pun dihadapkan oleh beberapa pilihan menarik, Google yang dahulu sebagai penyedia sistem operasi Android, kini sudah bermain di segmen tablet dengan membesut Nexus 7. Tablet hasil kerjasama raksasa internet dengan Asus itu pun dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni 199 USD. Begitu pun dengan Microsoft yang telah lebih dahulu memperkenalkan Surface, tablet bersistem operasi Windows 8.

Di sisi lain meski belum resmi terungkap, Apple juga kerap diisukan bakal membesut iPad Mini, yang konon bakal dibanderol dengan harga yang juga cukup miring. Hal tersebut menurut hemat penulis juga bakal memicu terjadinya perang harga, bahkan tak hanya di Amerika Serikat saja, tetapi di belahan dunia lainnya.

Jika kondisi ini terjadi, konsumen tentunya juga bakal mendapat keuntungan, di mana selain bakal dihadapkan oleh banyak pilihan, konsumen pun lebih leluasa memilih perangkat tablet mana yang bakal dibeli sesuai kebutuhan dan budget yang dimilikinya.

Nah, berdasarkan hasil riset NPD DisplaySearch, dilaporkan bahwa pengiriman tablet akan melampaui notebook pada tahun 2016, karena konsumen di pasar yang sudah matang cenderung mencari lebih banyak cara untuk mobile

Advertisement
Perang Harga Tablet Terlihat Nyata di AS | admin | 4.5

Leave a Reply